Saya anda adalah semuanya sama berjuanglah demi masa depan yang penuh harapan

Minggu, 31 Mei 2015

PT. NESTLE INDONESIA


Sekilas tentang Nestle
Nestle adalah sebuah perusahaan makanan-minuman yang bermarkas di kota Vevey, Swiss. Nestle mendunia melalui beragam produk seperti air mineral, kopi, produk susu dan makanan bayi. Didirikan tahun 1866, nama nestle diambil dari nama seorang ahli farmasi yang berhasil menciptakan produk makanan berbasis susu khusus bayi yang kesulitan mengkonsumsi ASI yaitu Henry Nestle.
A.    Misi dan Visi
MISI: "Nestlé berusaha untuk menjadi pemimpin dalam gizi, kesehatan dan kesejahteraan, dengan keyakinan bahwa makanan yang baik adalah pusat kesehatan dan kesejahteraan.”
 VISI: “Pada Nestlé, kami percaya bahwa penelitian dapat membantu kita membuat makanan dengan baik sehingga orang menjalani kehidupan yang lebih baik.’

Analisa misi dan visi perusahaan :
a.    Pasar primer
Konsumen Nestle merupakan perusahaan yang menjamah konsumen dari segala usia.
b.    Spesifikasi Produk Dasar
Nestle memproduksi makanan dan minuman yang berkontribusi terhadap kesehatan. Nestle Research Center menyatakan bahwa dari hasil penelitian gizi , makanan yang baik adalah makanan yang aman dan memiliki kualitas yang optimal untuk pertumbuhan. Nestle pun menawarkan rasa yang luar biasa dan aman untuk di konsumsi setiap saat. Harga yang diberikan pun bisa di jangkau oleh masyarakat luas.
Selain itu, produk yang dihasilkan dapat memuaskan kebutuhan konsumen yang tidak dapat didapat dari produk lainnya.
c.    Teknologi
Untuk menghasilkan makanan yang baik, perusahaan memerlukan teknologi yang canggih. Nestle pun memiliki tempat penelitian yang bernama Nestle Research Center yang menggunakan teknologi mutahir untuk menguji makanan dan minuman yang bergizi dan aman dikonsumsi masyarakat luas.
d.    Visi Perusahaan
Makanan yang baik adalah sumber utama dari kesehatan yang baik sepanjang hidup. Nestle berusaha keras untuk memproduksi makanan yang aman, berkualitas tinggi, dan memberikan gizi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan fisiologis. Selain Gizi, Kesehatan dan Pendidikan, produk Nestle membawa konsumen pada bahan vital rasa dan kesenangan. Sebagai konsumen diharapkan untuk terus membuat pilihan mengenai makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Nestle membantu memberikan pilihan untuk semua selera individu dan preferensi gaya hidup. Penelitian adalah kunci bagian dari Nestle dan merupakan elemen penting dari masa depan kita. Masih banyak kita temukan peran makanan yang sehat dalam hidup kita, dan kita terus mencari jawaban untuk membawa konsumen ke Good Food for Good Life.

Keunggulan Bersaing Nestle
Untuk membedakan apa yang ditawarkan perusahaan Nestle, sejak tahun ini Nestle mulai serius mengembangkan model bisnis popularly positioned products (PPPs) yang merupakan strategi yang bersaing pada biaya. Kendati tersedia pasar besar dan sumber daya alam melimpah, investor makanan dan minuman tak cukup hanya mengandalkan modal dan nama besar, sehingga untuk tetap mempertahankan bisnisnya perusahaan harus dapat memahami karakter pasar. PPPs adalah produk Nestle yang menyasar konsumen berpenghasilan rendah.
Namun meski harganya relatif miring, Nestle tidak akan mengabaikan kandungan dan kualitas gizi. Produk Nestle yang masuk kategori ini adalah Susu Nestle Ideal dan Sereal Koko Krunch. Nestle meneruskan strategi ini karena pasar ternyata antusias menyerap produk ini. Buktinya pada tahun 2010, pendapatan dari total penjualan produk PPPs mencapai sepertiga dari total pejualan produk Nestle Indonesia. Pertumbuhan penjualan produk PPPs secara regional juga terus meningkat. Total penjualan PPPs Nestle di negara berkembang mencapai US$ 8 miliar atau sekitar Rp 72 triliun pada tahun 2009. Kontribusinya cukup besar terhadap total penjualan sluruh produk Nestle di negara-negara berkembang yang mencapai US$ 33 miliar atau sekitar Rp 297 triliun.
B.     Produk-produk Nestle dan strategi operasionalnya
 Adapun produk-produk yang dihasilkan oleh Nestle adalah sebagai berikut :
1.    Aneka kembang gula dan coklat
Yang terkenal dengan permen “FOXS”. PT. Nestle Indonesia yang berfokus pada penghasilan kembang gula dan coklat terletak di kota Tangerang, Banten.

2.    Kopi dan Minuman
Salah satu produk kopi dan minuman Nestle yang terkenal di Indonesia adalah kopi dengan jenis “NESCAFE”. Untuk produksi kopi sendiri terletak di kota Lampung, Panjang Factory. Seperti yang kita ketahui bahwa komoditi kopi terbaik adalah salah satunya di kota Lampung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar