Sekilas tentang Nestle
Nestle
adalah sebuah perusahaan makanan-minuman yang bermarkas di kota Vevey,
Swiss. Nestle mendunia melalui beragam produk seperti air mineral, kopi,
produk susu dan makanan bayi. Didirikan tahun 1866, nama nestle diambil
dari nama seorang ahli farmasi yang berhasil menciptakan produk makanan
berbasis susu khusus bayi yang kesulitan mengkonsumsi ASI yaitu Henry
Nestle.
A. Misi dan Visi
MISI: "Nestlé
berusaha untuk menjadi pemimpin dalam gizi, kesehatan dan
kesejahteraan, dengan keyakinan bahwa makanan yang baik adalah pusat
kesehatan dan kesejahteraan.”
VISI:
“Pada Nestlé, kami percaya bahwa penelitian dapat membantu kita membuat
makanan dengan baik sehingga orang menjalani kehidupan yang lebih
baik.’
Analisa misi dan visi perusahaan :
a. Pasar primer
Konsumen Nestle merupakan perusahaan yang menjamah konsumen dari segala usia.
b. Spesifikasi Produk Dasar
Nestle
memproduksi makanan dan minuman yang berkontribusi terhadap kesehatan.
Nestle Research Center menyatakan bahwa dari hasil penelitian gizi ,
makanan yang baik adalah makanan yang aman dan memiliki kualitas yang
optimal untuk pertumbuhan. Nestle pun menawarkan rasa yang luar biasa
dan aman untuk di konsumsi setiap saat. Harga yang diberikan pun bisa di
jangkau oleh masyarakat luas.
Selain itu, produk yang dihasilkan dapat memuaskan kebutuhan konsumen yang tidak dapat didapat dari produk lainnya.
c. Teknologi
Untuk
menghasilkan makanan yang baik, perusahaan memerlukan teknologi yang
canggih. Nestle pun memiliki tempat penelitian yang bernama Nestle
Research Center yang menggunakan teknologi mutahir untuk menguji makanan
dan minuman yang bergizi dan aman dikonsumsi masyarakat luas.
d. Visi Perusahaan
Makanan
yang baik adalah sumber utama dari kesehatan yang baik sepanjang hidup.
Nestle berusaha keras untuk memproduksi makanan yang aman, berkualitas
tinggi, dan memberikan gizi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan
fisiologis. Selain Gizi, Kesehatan dan Pendidikan, produk Nestle membawa
konsumen pada bahan vital rasa dan kesenangan. Sebagai konsumen
diharapkan untuk terus membuat pilihan mengenai makanan dan minuman yang
mereka konsumsi. Nestle membantu memberikan pilihan untuk semua selera
individu dan preferensi gaya hidup. Penelitian adalah kunci bagian dari
Nestle dan merupakan elemen penting dari masa depan kita. Masih
banyak kita temukan peran makanan yang sehat dalam hidup kita, dan kita
terus mencari jawaban untuk membawa konsumen ke Good Food for Good
Life.
Keunggulan Bersaing Nestle
Untuk
membedakan apa yang ditawarkan perusahaan Nestle, sejak tahun ini
Nestle mulai serius mengembangkan model bisnis popularly positioned
products (PPPs) yang merupakan strategi yang bersaing pada biaya.
Kendati tersedia pasar besar dan sumber daya alam melimpah, investor
makanan dan minuman tak cukup hanya mengandalkan modal dan nama besar,
sehingga untuk tetap mempertahankan bisnisnya perusahaan harus dapat
memahami karakter pasar. PPPs adalah produk Nestle yang menyasar
konsumen berpenghasilan rendah.
Namun
meski harganya relatif miring, Nestle tidak akan mengabaikan kandungan
dan kualitas gizi. Produk Nestle yang masuk kategori ini adalah Susu
Nestle Ideal dan Sereal Koko Krunch. Nestle meneruskan strategi ini
karena pasar ternyata antusias menyerap produk ini. Buktinya pada tahun
2010, pendapatan dari total penjualan produk PPPs mencapai sepertiga
dari total pejualan produk Nestle Indonesia. Pertumbuhan penjualan
produk PPPs secara regional juga terus meningkat. Total penjualan PPPs
Nestle di negara berkembang mencapai US$ 8 miliar atau sekitar Rp 72
triliun pada tahun 2009. Kontribusinya cukup besar terhadap total
penjualan sluruh produk Nestle di negara-negara berkembang yang mencapai
US$ 33 miliar atau sekitar Rp 297 triliun.
B. Produk-produk Nestle dan strategi operasionalnya
Adapun produk-produk yang dihasilkan oleh Nestle adalah sebagai berikut :
1. Aneka kembang gula dan coklat
Yang
terkenal dengan permen “FOXS”. PT. Nestle Indonesia yang berfokus pada
penghasilan kembang gula dan coklat terletak di kota Tangerang, Banten.
2. Kopi dan Minuman
Salah
satu produk kopi dan minuman Nestle yang terkenal di Indonesia adalah
kopi dengan jenis “NESCAFE”. Untuk produksi kopi sendiri terletak di
kota Lampung, Panjang Factory. Seperti yang kita ketahui bahwa komoditi kopi terbaik adalah salah satunya di kota Lampung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar